Tuesday, May 31, 2011

Cita-Cita Mewujudkan Masjid Krakow ... (berita 2)

Sambungan dari berita 1, :-)

III. Kegiatan Sederhana Muslim Krakow

Gambar : Dua jam dari Krakow, @Rabka, pada hari anak 2010, kami ikut meramaikan ‘Arabic Day’, tampak anak-anak Poland antusias meminta contoh tulisan kaligrafi nama masing-masing di lengan mereka


Gambar : Suasana Taman Kota Kecil Rabka, saat hari anak 2010 ‘Arabic Day’


Gambar : Atas inisiatif para ibu, kadang-kadang kami berkumpul 3 atau 4 keluarga muslim (kami di Krakow berjauhan tempat tinggal), memasak dan makan siang bersama, mengulang kajian tafsir, serta mengajak anak-anak bermain bersama

Beberapa kali pula, penulis mencoba mengadakan kegiatan ‘up-grade’ diri bersama beberapa muslimah lain, kami belajar membuat roti, yogurt, menu masakan keluarga antar-negara, dll.
Alhamdulillah...

Gambar : Beberapa brothers telah memulai jadwal ‘piket’ agar sholat wajib dapat diadakan di masjid Krakow. Biasanya di waktu dzuhur atau ashar, dan kesulitan utama adalah belum adanya WC, sehingga jika urgent harus ke WC, maka harus keluar mencari WC umum di mall terdekat.



Gambar : Seorang sister berkumpul dengan anak-anak, kami menggunakan ‘bahasa senyum’ jika tak saling mengerti. Sebab hanya dua orang muslimah yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris, kebanyakan muslimah lainnya berbahasa Arab, ada pula yang muallaf-berbahasa Poland.



Gambar : Brothers dan keluarga di Krakow sesekali saling berkunjung/ silaturrahim dan melaksanakan sholat wajib berjamaah serta berdiskusi atau saling bertukar beragam informasi

IV. Terbuka Ladang Amal : Turut Membangun Masjid Krakow

Allah SWT berfirman, artinya, “Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah dalam masjid-masjid-Nya, dan berusaha untuk merobohkannya? mereka itu tidak pantas masuk ke dalamnya (masjid Allah), kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka di dunia mendapat kehinaan dan di akhirat mendapat azab yang berat.” (Q.S. Al-Baqoroh[2]: 114)
Saudara-saudari seiman, di antara brothers @Krakow yang sangat peduli pada sholat jum’at, saya melihat sendiri akan perjuangan keras mereka sewaktu mencari-cari “dimanakah komunitas muslim Krakow?”, dimanakah masjid, dimanakah saudara kami ?

Mereka yang rela berjalan kaki jauh, bermodalkan peta---yang tidak pasti, di tengah badai salju, juga mereka yang berlari “absen” kuliah (yang mana banyak perkuliahan dilakukan “pas” waktu sholat jum’at) dua kali dalam sebulan demi menjaga kewajiban yang satu ini. Ada pula yang sengaja cuti kerja demi mencari tempat sholat jum’at di Krakow sewaktu awal pindah kesini. Bahkan terlihat bahwa hal ‘base-camp’ ummat Islam ini bukanlah sekedar kewajiban, melainkan adalah sebuah kebutuhan primer, mereka merindukan ukhuwah islamiyah. Di tahun 2010, satu-satunya kota ‘agak besar’ di Poland yang masih belum punya masjid adalah Krakow. Maka, saat bulan maret 2011 lalu, masjid Krakow bisa terwujud, sungguh nikmat-Nya ini amat kami syukuri, walhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Di area yang mana ‘kebiasaan minum’ sehari-hari adalah meneguk alkohol, ‘salam cium pipi-bibir’ adalah ungkapan pertemuan dan perpisahan yang merupakan tradisi saling menghargai meskipun dengan berlainan jenis (non-mahram), yang mana penduduknya kebanyakan masih ‘terbiasa’ budaya hidup zaman komunis, misalkan buka atau ganti baju di jalan, buang air kecil di belakang appartemen orang lain atau di taman, bahkan masih banyak pasangan remaja yang ‘lebay’ melakukan perbuatan tak-pantas di muka publik (misalkan saling meremas-remas bagian sensitif di atas tram atau di mall atau di bus). Naudzubillahi minzaliik. Maka kehadiran masjid Krakow bagai merupakan setetes air penghilang dahaga saat ini, mencintai masjid, agar lahir kerinduan yang mendalam kepada-NYA, untuk memakmurkan rumah-Nya, berharap semoga diri ini senantiasa berpeluk hidayah-Nya, hanya takut dan hanya bermohon kepada-Nya, meraih cita kemuliaan dari-Nya.

Dari Abu Hurairah -radhiyallahu’anhu- Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bagian negeri yang paling Allah cintai adalah masjid-masjidnya, dan bagian negeri yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

Pada akhir april 2011 lalu, jamaah muslim krakow telah mengumpulkan ‘projek infaq keluarga’ masing-masing guna mencukupkan pembayaran dana pemasangan listrik di masjid. Insya Allah minggu ini listrik telah terpasang.

Dalam waktu dekat, tidaklah muluk-muluk cita-cita kami, berharap bisa ada WC dan tempat wudhu serta “ummahat” bisa segera turut aktif meramaikan masjid---membawa kanak-kanak dan mendidik mereka agar mencintai ‘base-camp ummat’, saling mengajari dan mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran, amiin ya Robbi. Adalah melakukan investasi yang tak kenal rugi, ‘berbisnis dengan Allah ta’ala’, sebagaimana jaminan pesan Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang mendirikan masjid, Allah akan mendirikan sebuah rumah baginya di surga” (H.R.Muslim).

Insya Allah, kami pun memiliki seabrek rencana lain (dan hanya Allah SWT yang berhak memilihkan ketetapan-Nya), misalkan mempunyai website khusus untuk menginformasikan keislaman di Krakow serta di Poland secara umumnya, melakukan publikasi masjid Krakow kepada masyarakat sekitar (terutama para pendatang dan turis asing, apabila muslim/ah biasanya mengalami kesulitan mencari masjid), membuat dapur mini dan layanan internet agar brothers bisa bergantian mabit dengan betah, dan terutama rencana terdekat menjadikan ruangan masjid ini lebih layak (memperbaiki dindingnya) guna menyambut bahagia awal ramadhan beberapa bulan lagi. Momen itu akan menjadi ‘tarawih pertama’, ramadhan pertama di masjid Krakow bagi seluruh keluarga muslim di Krakow, insya Allah.
Apabila saudara-saudari di berbagai belahan bumi Allah memiliki keterbukaan hati untuk ikut berkontribusi, dengan ini saya informasikan cara menyalurkan dana untuk keperluan masjid Krakow :
Dana terpusat, secara resmi dikirimkan ke :

Liga Muzulmanska w RP (Muslim League in Poland)
Dengan Swift code : PKOPPLPW
Dengan Info pengiriman : Bantuan Untuk Masjid Krakow
Nomor Rekening :

Untuk pengiriman menggunakan (kurs)Zloty-PLN : 25 1240 1154 1111 0000 21490604
Untuk pengiriman menggunakan (kurs)USDollar : 38 1240 1154 1787 0000 21490617
Untuk pengiriman menggunakan (kurs)Euro : 75 1240 1154 1978 0000 22657981
(sebaiknya mengirimkan dana secara bersama-sama dalam suatu majelis/komunitas agar menghemat biaya kliring)

Kemudian, mohon kirimkan konfirmasi mengenai info transfer antum/antunna tersebut (data donatur, jumlah donasi, tanggal pengiriman) ke email address brother Abu Azzam Al-Indonesia : anggana@gmail.com (mewakili muslimsinkrakow@googlegroups.com), dengan subjek “Donasi Masjid Krakow”.

Syukron jazzakumulloh khoiru jazza atas iringan do’a, Salam Ukhuwah dari Krakow! wassalamu’alaykum warohmatulloh wabarokatuh.

By : bidadari_Azzam, subuh, 30 mei 2011
(nara sumber : Doctor Haisyam, brother Abu Azzam, brother Imron, brother Osama,dll)

No comments:

Post a Comment