Monday, December 6, 2010

Wieliczka : Cinta-Nya Tampak Pula Melalui Garam


pic abang @ Wieliczka

Sekedar berbagi... :-)
^-^


Indonesia dan negara kepulauan lainnya “sangat beruntung”, dicurahi matahari sepanjang tahun, keindahan alam mempesona, dan lautan luas menjadi sumber daya alami, kekayaan-Nya sungguh tiada bandingan. Bagi negeri Indonesia, garam mudah didapat, pantai kita ada dimana-mana.

Saya pernah mengingat sebuah acara televisi di negeri kita yang mengisahkan tentang anak nelayan yang sering membantu ayahnya mencari ikan, membuat ikan asin, juga melakukan cara tradisional “menambang garam” di pantai. Dan teman-teman Poland biasanya begitu terpesona mendengarkan ceritaku tentang wilayah nusantara, terutama laut dan pantai, hal itu sangat “hebat dan istimewa” bagi mereka. Terutama di Krakow, tak ada pantai---imbasnya harga ikan dan makanan laut lainnya tentu mahal, empat musim “bagi mereka serba susah” harus dilewati. Musim Panas yang banyak debu, musim gugur yang harus menyapu dedaunan terus-menerus. Musim Semi yang penuh serangga dan ulat. Musim Dingin yang bertumpuk salju dan angin dingin menusuk tulang. Matahari di musim dingin “hanya muncul sesekali” maksimal 6 jam dalam sehari.

Namun bagi kaum yang berfikir, berbeda lokasi, berbeda musim, perbedaan waktu kita di muka bumi ini merupakan secuil hal dari tanda-tanda kekuasaanNYA,
“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera (kapal) yang belayar di laut (dengan muatan) membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) –nya dan Dia tebarkan di bumi itu segala macam jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; (semua itu) Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. al-Baqarah : 164)

Seminggu lalu kami cukup takjub melihat Wieliczka (baca : Vie-licz-ka), Tambang Garam yang terletak di pinggiran tenggara Kota Krakow, 40 menit perjalanan bus dari pusat kota tua, telah berfungsi selama 900 tahun. The Wieliczka Salt Mine bagi para penduduk adalah “sebuah keajaiban dari Tuhan”, kemegahannya tak kalah dengan Piramida dari mesir. Jangan bayangkan mereka menggunakan teknologi canggih yang dibeli dari USA (seperti tambang emas di negara kita).

Selanjutnya baca aja di eramuslim ini yah teman-teman... :-)

No comments:

Post a Comment